Galih Poenya Cerita

9.26.2010

MAKAM KYAI MLATI

Makam kyai mlati terletak d pusat kota Klaten, tepatnya d JL. Anggrek, Sekalekan, Klaten. Mungkin belum banyak orang yang tau tentang makam kyai mlati ini, makam Kyai mlati ini d keramatkan, oleh warga sekitar karena merupakan asal mula dari Klaten sendiri.
Di komplek makam Kyai Mlati ini terdapat banyak makam tua. Tapi yang satu petak dengan makam Kyai Mlati terdapat tiga makam yaitu makam Kyai Mlati dan Istrinya, dan makam adek dari Kyai Mlati. Dan di dekat makam tersebut ada pohon yang dikeramatkan juga. Jika dilihat secara sekilas kompleks Makam Kyai Mlati tersebut memang seperti tidak terurus. Makam Kyai mlati juga hanya diselimuti kain kafan (.......), tidak seperti makam yang lainnya. Makamnyapun tidak seperti makam jaman sekarang, tapi hanya seperti batu bata yang di susun saja. Makam itu memang dibiarkan seperti itu, agar terlihat alami dan masih ada unsur sejarahnya.
Sebenarnya sudah banyak orang yang tahu akan makam Kyai mlati ini. Kebanyakan orang yang datang ke Makam Kyai Mlati ini untuk mohon doa. Menurut kepercayaan orang yang datang kesana, akan terkabul. Tak sembarang orang juga yang memohon doa d makam tersebut. Salah satunya Bpk Bupati Klaten. Contohnya orang-orang berdoa disana untuk mendapatkan jabatan, untuk kelulusan ujian, jodoh dan segala macam yang mereka inginkan. Tapi sebelumnya harus percaya dulu, utuk sebagian orang yang masi percaya kejawen.
Belum lama ini Bapak Bupati juga mengadakan kirap ke makam kyai mlati, yang dtujukan untuk, memperingati sejarah nama kota klaten.

1 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home